Selasa, 29 November 2011

2. Manusia dan Kegelisahan

2. Manusia dan Kegelisahan
        -Pengertian Kegelisahan
   Pengertian Kegelisahan
kegelisahan adalah suatu perasaan yang sangat tidak nyaman yang dirasakan oleh manusia dan membuat manusia tersebut cemas dan ingin segera keluar dari kondisi itu. kegelisahan biasanya terjadi di manusia yang takut akan suatu hal seperti takut akan petir, takut akan suatu jenis binatang, atau takut akan kegelapan.
Contoh orang gelisah:


        -Sebab-sebab orang gelisah
Sebabnya adalah :
 1. Kesulitan ekonomi
 2. Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas
 3. Penyakit yang menahun
 4. Kesulitan mendapatkan pasangan hidup yang ideal
 5. Takut kehilangan pasangan hidup
 6. Khawatir gagal dalam berkarier

        -Usaha-usaha mengatasi kegelisahan
Kalo menurut saya usaha untuk mengatasinya adalah:
  1. berdoa pada Tuhan YME dan minta pertolongannya dari dia
  2. melupakan kegelisahan itu dan mencoba hal-hal yang baru seperti bermain musik atau jalan-jalan sore hari






-Keterasingan
Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu dalah dari kata dasar terasing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Penyebab orang berada dalam posisi terasingkan adalah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat atau kekurangan yang ada pada diri seseorang , sehingga ia dapat atau sulit menyesuaikan diridalam masyarakat.


        -Kesepian
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian. Kesepian itu juga bisa diatasi dengan bermain musik atu bermain game


        -Ketidakpastian
Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasuk filosofi, fisika, statistika, ekonomika, keuangan, asuransi, psikologi, sosiologi, teknik, dan ilmu pengetahuan informasi. Ketidakpastian berlaku pada perkiraan masa depan hingga pengukuran fisik yang sudah ada atau yang belum diketahui.

Contohnya, jika Anda tidak tahu apakah besok hujan, maka Anda mengalami ketidakpastian. Bila Anda menerapkan kemungkinan ini pada hasil memungkinkan yang menggunakan perkiraan cuaca atau penilaian kemungkinan terkalibrasi, Anda telah memperkirakan ketidakpastian.

Penyebab Ketidakpastian

penyebab ketidak pastian adalah tidak ada yang sama di dunia ini, dan juga kemampuan manusia yang terbatas untuk memastikan sesuatu hal yang ada, serta kekuasaan tiada batas yang dimiliki Allah SWT, dimana setiap manusia tidak akan mengetahui kehendak-Nya.

Usaha Mengatasi Ketidakpastian

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketidakpastian yakni bersiap-siap terlebih dahulu, merencanakan segala sesuatunya dengan matang, dan juga berdo’a agar apa yang diinginkan tercapai.

Opini

Dari berbagai permasalahan hidup yang berlangsung dalam setiap kehidupan kita dapat menimbulkan suatu kegelisahan dan ketidakpastian dalam diri kita, akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan cara merubah pola berpikir kita menjadi lebih bijaksana dan tidak berpikiran sempit, selalu mengandalkan Tuhan untuk mengatasi setiap masalah dalam hidup kita. Apabila hal tersebut telah berhasil kita lakukan maka permasalahan hidup yang kita hadapi tidak akan menjadi beban yang terlalu berat hingga mengganggu pikiran kita. Jadi menurut saya kegelisahan, kesepian, dan ketidakpastian yang datang dalam kehidupan kita tidak akan menimbulkan dampak negatif apabila kita selalu menanggapinya dengan pikiran yang positif dan tidak berpikiran sempit maupun pesimis.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Ketidakpastian
http://abra139210.wordpress.com/2011/05/18/manusia-dan-kegelisahan/



Nama : Santo Hissa Alexander
Kelas : 1PA10
NPM : 17511889

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar