Senin, 28 November 2011

Manusia dan Tanggung jawab


1. Manusia dan Tanggung Jawab

# Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah sesuatu prilaku yang di lakukan seseorang atau perbuatan yang dilakukan dengan sadar baik yang sengaja atau tidak sengaja.

# Macam-Macam Tanggung Jawab
Macam –Macam Tanggung Jawab yang sering terjadi diantaranya:

a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengambangkan kepribadian sebagai manusia prbadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan menganai dirinya sendiri menunrut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral namun manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi manusisa mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri angan angan sendiri sebagai perwujudan dari pendapat perasaan dan angan angan masnusia berbuat dan bertindak.
Co: Saya seorang pelajar, besok ia akan menghadapi ujian agama. Tapi saya sama sekali tidak belajar. Sehingga saat ulangan berlangsung saya tidak dapat menjawab soal-soal yang diberikan guru nya. jadi saya harus bertanggung jawab terhadap diri saya sendiri karena tidak mau belajar saat ada ujian.

b. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan Masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami-istri , ayah ibu dan anak anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga tapi betangung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan pendidikan dan kehidupan
Co: ada sebuah keluarga hidup dengan kemiskinanya. Sehingga bapa itu malu pada keluarganya karna tidak bsa memberi kehidupan yang layak dan akhirnya bapa itu mencuri..


c. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga dikatakan tindakan manusia tidak lpas daei hukuman hukuman Tuhan. Yang diruangkan dalam berbagai kitab suco melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman hukuman  tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika perungatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraikan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah perintah Tuhan. Berarti menginggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan terhadap Tuhan sebagai penciptanya. Bahkan untuk memenuhi tanggungjawabnya manusia harus berkorban.
Co: Setiap manusia wajib melaksanakan agama yang di percayainya. Seperti orang Kristen ibadah ke greja pada hariminggu


#  Pengabdian dan Pengorbanan
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan dari kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, dan semua itu dilakukan dengan ikhlas

Pengorbanan adalah berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih (berdasarkan atas kesadaran moral yang tulus-ikhlas )
Pengorbanan bukan hanya berkorban untuk suatu masalah yang besar, tapi tanpa kita sadari kita sering melakukan pengorbanan. Contoh hal kecilnya saat kita memberikan kue kepada adik kita, padahal kita sendiri ingin memakan kuenya. Hal tersebut merupakan bentuk pengorbanan kecil yang biasa kita lakukan dilingkungan keluarga. Pengabdian diberikan tanpa mengharapkan balas jasa. Pengabdian bukan merupakan sebuah paksaan atau keharusan (perintah), tetapi pengabdian itu sendiri berdasarkan secara sukarela tergantung dari dirinya masing-masing orang tersebut.

Sumber : http://nothingwrongwithmylongblackhair.wordpress.com/2010/05/24/manusia-dan-tanggung-jawab/

Nama : Santo hissa alexander
Kelas :1PA10
NPM : 17511889

Tidak ada komentar:

Posting Komentar