Sabtu, 29 Juni 2013

Self Directed Changes


Kali ini saya akan membahas materi Self Directed Changes.sebetulnya apa sih self directed changes itu?mari kita bahas.. Kebanyakan dari bab ini menjelaskan secara terperinci mengenai langkah demi langkah merubah pengendalian diri
Self Directed Changes menurut saya adalah perubahan dalam melakukan sesuatu dari yang negatif menjadi positif,dan dari yang positif menjadi negatif sebelum kita melakukan perubahan-perubahan kita memilih kebiasaan-kebiasaan yang ingin dilakukan atau dihentikan.
A.    Bagaimana cara meningkatkan kontrol diri ?
Caranya kita harus memiliki :
1. Global Processing, mencoba fokus pada gambaran besar dari tujuan hidup atau cita-cita kita, sehingga setiap kegiatan atau tindakan kita dilihat sebagai bagian dari pencapaian tujuan akhir.

2. Abstrac listening, mencoba menolak detil-detil dalam situasi khusus untuk membawa kita berfikir bagaimana tindakan kita sesuai dengan rencana kerja kita secara keseluruhan. Contohnya : seseorang mungkin harus mengurangi berfikir tentang detil-detil beratnya latihan fisik tetapi mencoba untuk fokus pada gambaran fisik yang ideal yang akan dicapai bila dia tetap menjalankan latihan dengan baik.


3.High-level categorization, berfikir tentang konsep tingkat tinggi daripada keadaan yang khusus atau sesaat. Katagorisasi tugas dapat membantu kita untuk mengatur fokus dan mencapai disiplin-diri yang lebih besar.
Dan cara menetapkan suatu tujuan dengan fokus terhadap hasil yang ingin kita capai. Untuk itu kita harus menyusun kosekuensi yang afektif, Bagaimana? Caranya kita tentukan tujuan dan jalanin konsekuensi nya dan terus melihat ke depan.
Dan bagaiman menerapkan rencana intervensi?
Membandingkan seberapa berhasil kita mencapai tujuan-tujuan yang kita kehendaki. Misalnya, menghitung berapa batang atau bungkus rokok yang di hisap dari sebelum kita menerapkan tahapan-tahapan ini sampai sudah menerapkan tahapan ini.

       Evaluasi
Evaluasi adalah, melihat berapa besar kemajuan yang sudah kita lakukan untuk perubahan yang lebih baik. Pastikan setiap tahapan terpenuhi. Jika memang ada tahapan yang belum bisa terpenuhi lebih baik kita mengulang tahapan-tahapan tersebut agar tujuan dapat tercapai dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar