Minggu, 08 Januari 2012


4. Manusia dan Pandangan Hidup
Pandangan hidup sendiri adlah sebuah cita-cita yang di angankan dan dapat terwujud Tapi jika kita tidak memiliki pandangan hidup itu juga membuat masalah di kehidupan masa depan kita nantinya, karena kita seakan-akan hidup tanpa arah dan tujuan yang jelas. Bisa diibaratkan kehidupan semacam ini kita seperti sedang berada di suatu negara asing yang belum pernah kita kunjungi, karena tahu-tahu sudah ada di sana kita jadi bingung mau ngapain atau mau ke mana?
Oleh karenanya memiliki pandangan hidup sangat penting untuk mengkualitaskan kehidupan yang kita jalani. Dengan pandangan tentang kehidupan maka kita memiliki pedoman untuk bagaimana kita akan menjalani kehidupan ini. Kita akan memiliki arah dan tujuan dalam menjalani kehidupan ini, atau jika diungkapkan dengan kata-kata: “Saya ingin punya kehidupan seperti ini”. Dengan begitu akan ada kualitas hidup yang kita jalani.
Masalahnya adlah: apakah kita udah pnya pandangan hidup? haha
Idiologi: menurut wilkipedia adlah  Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh destutt de tracy pada akhir abad ke 18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkanWeltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan untama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme). Klo menurut saya idiologi itu jati diri seseorang atau bangsa yang perlu di lestarikan.



Cita-Cita
Cita-cita adalah sebuah impian di mana kita kepingin itu tercapai namun untuk mencapai itu kta harus berjuang dan semangat untuk meraih cita-cita.Selain itu untuk meraih cita-cita itu kita harus melewati prosedur/proses di mana di dalam proses akam munculmacam halangan dan cobaan yang mungkin menghalau kita untuk mencapai cita-cita kita oleh karna itu untuk mengadapi itu kta harus ORAETLABORA yang di kenal oleh orang batak, yang artinya bekerja sambil berdoa. Dan dengan begitu pasti cita-cita kita tercapai

Kebajikan
Kebajikan adalh perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Namun masalahnya adalah manusia lebih cenderung memilih pada kebaikan untuk dirinya sendiri sehingga menbuat manusia terpilah ,menjadi manusia yang egois yang serin sekali tidak mengenal kebajikan

Usaha Perjuangan
Usaha / perjuangan adalah  suatu yang di kerjakan dengan kerja keras dan tanpa lelah demi mendapatkan apa yang kita mau. Seprti mendapatkan pacar kita juga harus membutuhkan usaha seperti mencari tau tentang si doi apa yang dia suka dan apa yang dia tidak suka. O perjuangan itu dapat kita dapatkan melalui kerja keras. Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun denan tenaga/jasmani, atau dengan kedua-duanya. Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia.

Keyakinan atau Kepercayaan

Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapaikebenaran. Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar  atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru.
Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar.

Langkah-langkah Berpandangan hidup yang baik

Untuk mencapai tujuan dan
 cita-cita dengan baik, kita memerlukan langkah-langkah pandangan hidup.
 Langkah-langkah itu sebagai berikut :

a.Mengenal

Mengenal
 merupakan suatu kodrat bagi manusia yaitu merupakan tahap awal dari setiap
 aktifitas hdupnya yang dalam hal ini mengenal apa itu pandangan hidup.

b.Mengerti

Mengerti disini
 dimaksudkan mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri

c.Menghayati

Selanjutnya
 setelah kita mengerti, adalah menghayati pandangan hidup itu

d.Meyakini

Setelah
 mngetahui kebenaran dan validitas dari pandangan hidup itu, maka hendaknya kita
 meyakini pandangan hidup yang telah kita hayati itu

e.Mengabdi

Pengabdian
 merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang
 telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya sendiri dan oleh orang lain.
 Dengan mengabdi kita akan merasakan manfaatnya

Jadi jika kita sudah mengenal,
 mengerti, menghayati, dan meyakinii pandangan hidup ini, maka selayakya
 disertai dengan pengabdian. Dan pengabdian ini hendaknya dijadikan pakaian, baik
 dalam waktu tentram lebih-lebih bilamenghadapi hambatan, tantangan, dan
 sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

http://adistinatalia.ngeblogs.com/2011


 Nama : Santo Alexander
Kelas  : 1PA10
NPM  : 17511889


Tidak ada komentar:

Posting Komentar