ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Di zaman sekarang
perkembangan teknologi sangatlah pesat sehingga bukan hal yang tidak mungkin
apabila dua bidang yaitu IT dengan psikologi saling keterkaitan. Dalam membuat suatu terobosan baru yang mungkin
sebelumnya tidak pernah terpikirkan atau terbayakan akan tetapi buktinya
seperti contoh halnya yang akan saya bahas kali ini mengenai arsitektur
komputer dan struktur kognisi manusia.
1.
Arsitektur
Komputer
Menurut
Wikipedia Bahasa Indonesia, Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Arsitektur
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Dari
definisi tersebut dapat di simpulkan bahwa arsitektur computer adalah konsep
atau ilmu mengenai pengoprasian dasar dari sistem computer yang terdiri dari
komponen-komponen perangkat keras sehingga tercipta computer yang memenuhi
fungsional, kinerja dan target biaya.
Kognisi adalah aktivitas mental yang mencakup proses
pemerolehan, penyimpanan dan transformasi informasi menjadi pengetahuan.
Dimulai dengan tahap pengenalan pola lalu dilanjutkan dengan memeriksa memori
dan melalukan metakognisi dan selanjutnya mengambil keputusan. Neisser
mendefinisikan kognisi sebagai keseluruhan proses yang dimulai dengan proses
pengubahan stimulus sensorik yang diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan dan
kemudian digunakan kembali. Kognitif menekankan perubahan proses dan kesadaran
dalam struktur kognitif manusia. Maksudnya, informasi yang diterima (proses
penerimaan ataureceives) oleh manusia melalui sensori-nya akan diubah
(menyimpan dan mentransformasi), dikurangi, dimaknai, disimpan dan kemudian
digunakan kembali (memanggil atau recall)
sebagai pengetahuan. Setiap tahapan akan menimbulkan respon yang berbeda namun
saling berhubungan. Jika diperhatikan ternyata proses pengolahan informasi yang
terjadi di otak manusia sama halnya dengan penyimpanan atau proses yang dilalui
oleh informasi dalam komputer. Seperti yang dikemukakan oleh Kenneth Craik
bahwa otak manusia seperti komputer karna mampu menjiplak dan menyamai kegiatan
diluar. Berikut ini penjelasannya. Informasi
yang diterima oleh kognisi dari stimulus sensori melalui panca indera merupakan input. Lalu diproses, disimpan
dalam memori jangka pendek (short term memory) atau memori jangka
panjang (long term memory) yang merupakan proses storage. Kemudian dikeluarkan (output)
sebagai informasi atau pengetahuan. Begitu juga arsitektur komputer, komputer
menerima informasi (input) dari perangkat berupa keyboard, speaker dan
lain sebaginya. Kemudian informasi yang diterima diproses (storage) di
dalam Hard disk kemudian dikeluarkan (output)
dalam bentuk tulisan atau suara. Kognisi
manusia menggunakan istilah HIP atau Human
Information Processuntuk menjelaskan proses tersebut. Semetara kaitan
antara kognitif manusia dengan arsitektur komputer dikenal dengan istilah CBIS
atau Computer Based
Information System.
CBIS ini setidaknya membutuhkan hardware, software, datam
prosedur dan manusia sebagai pengolahnya. Yang tergambar dalam skema berikut
ini :
Kelebihan dan Kelemahan Arsitektur
Komputer Dibandingkan Dengan Kognisi Manusia
Kelebihan :
A. Arsitektur komputer
1.
Informasi yang sudah
tersimpan tidak tercampur dengan informasi yang lainnya
2.
Tidak membutuhkan waktu
yang lama untuk memunculkannya kembali
3.
Multi user, artinya sistem
ini dapat digunakan oleh beberapa orang dalam waktu yang bersamaan
4.
Dapat membuka beberapa
aplikasi dalam waktu yang bersamaan
5.
Menggunakan teknologi time-sharing
B. Kognisi Manusia
1.
Arah dan tujuannya jelas
karna tersusun secara sistematis
2.
Adanya proses belajar
3.
Mengoptimalkan kinerja
otak
4.
Kapasitas memori lebih
banyak
Kekurangan
A. Arsitektur komputer
1.
Memerlukan tempat yang
besar untuk menyimpan
2.
Harganya mahal
3.
Membutuhkan waktu yang
lama dalam memproses serta daya listrik yang besar
B. Kognisi manusia
1.
Memerlukan waktu yang lama
dalam memunculkan kembali informasi yang sudah disimpan
2.
Memungkinkan informasi
tercampur atau bahkan terlupakan
Contoh
Kasus
Saat anak usia kanak-kanak belajar mengenali angka maka orangtua
akan menunjukkan benda yang berbentuk mirip dengan angka yang akan digambarkan.
Sebagai contoh, angka 2 diibaratkan dengan gambar bebek.
Analisa
Dari contoh kasus di atas, saat anak pertama kali melihat bebek
yang merupakan (input informasi). Namun saat diberi penjelasan bahwa angka
bebek berbentuk seperti angka 2 maka otak akan mulai berfikir mengubah
informasi yang sudah diterima (proses). Dan saat ditunjukkan angka 2 maka anak
tersebut tidak lagi menyebutkan bebek namun angka 2 (output) karna adanya
pemahaman. Proses
diatas serupa dengan proses yang dilalui komputer dalam mengolah informasi.
Pertama, informasi diterima dari keyboard untuk diproses (input) lalu diolah di
CPU (proses) dan dikeluarkan melalui layar dalam bentuk tulisan (output).
Daftar
Pustaka
http://apr1l-si.comuf.com/arsitektur.php
(Diakses tanggal 10 Oktober 2013)
H.S, D. Suryadi. (1994). Pengantar Arsitektur Komputer. Depok: Gunadarma
Solso, R., Maclin, O.H., Maclin, M.K. (2007). Psikologi Kognitif edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga
Bahan ajar power point "psikologi kognitif" dari Ibu Quroyzhin Kartika Rini, S.Psi, M.Psi
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CDYQFjAB&url=http%3A%2F%2Fbima.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F3331%2FSISTEM%2BINFORMASI.ppt&ei=Dx1RUvvcJcSPrQeruoCwDw&usg=AFQjCNHrYnBancOgqBFGv61P2ajejKsChg&bvm=bv.53537100,d.bmk (Diakses tanggal 8 Oktober 2013)
H.S, D. Suryadi. (1994). Pengantar Arsitektur Komputer. Depok: Gunadarma
Solso, R., Maclin, O.H., Maclin, M.K. (2007). Psikologi Kognitif edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga
Bahan ajar power point "psikologi kognitif" dari Ibu Quroyzhin Kartika Rini, S.Psi, M.Psi
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CDYQFjAB&url=http%3A%2F%2Fbima.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F3331%2FSISTEM%2BINFORMASI.ppt&ei=Dx1RUvvcJcSPrQeruoCwDw&usg=AFQjCNHrYnBancOgqBFGv61P2ajejKsChg&bvm=bv.53537100,d.bmk (Diakses tanggal 8 Oktober 2013)
Nama : Santo
NPM ; 17511889
Kelas : 4pa10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar