Jumat, 16 Januari 2015

Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi Psikologi


A. Definisi informasi adalah:
     Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia (Husein dan Wibowo, 2002).
     Informasi adalah data yang telah diolah  dan dianalisa secara formal, dengan cara yang benar dan secara efektif, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dalam operasional dana manajemen (Sabarguna, 2008).

       Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang (Davis, 2002).
  
        Dari definisi tersebut dapat di simpulkan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah, di analisa yang menjadi sebuah bentuk sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi manusia baik di saat ini maupun masa mendatang

Definisi sistem adalah:

         Sistem adalah hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apabila satu unit macet atau terganggu, unit lainnya pun akan terganggu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut. (Chr. Jimmy L. Gaol ,2008)

         Sistem adalah keseluruhan dari beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional, baik antara bagian-bagian maupun hubungan struktural sehingga hubungan tersebut menimbulkan suatu kebergantungan. ( Aim Abdulkarim, 2008).

          Dari definisi tersebut di simpulkan bahwa sistem adalah bagian atau unit dengan unit lain yang saling berhubungan dengan unit lainnya dalam rangka mencapai tujuan. itu kan data yang di olah sehingga bermanfaat. Dan cara mengolahnya itu mengunakan beberapa unit. Jadi sistem informasi itu saling berkaitan di mana unit dengan unit yang lainnya saling berinteraksi yang menghasilkan data yang bermanfaat.








B. Definisi Psikologi adalah:
               Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
               Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

            Jadi dapat di simpulkan bahwa psikologi itu adalah ilmu yang membahas tingkah laku initerbuka maupun tertutup pada  manusia selku individu maupun kelompok.
Sistem informasi psikologi adalah beberapa bagian/ unit yang saling berhubungan yang di olah menjadi data yang bermanfaat bagi kita manusia dan bertujuan bagiamana manusia mengunakan atau memanfaatkan informasi dengan sebaik mungkin.  Unit tersebut computer
Contoh :
Banyaknya tes – tes psikologi yang dulu diberikan secara manual sudah bisa dikomputerisasi seperti Papikostik, hal ini merupakan kerjasama antar bidang ilmu computer dan psikologi yang pada akhirnya bermanfaat untuk peningkatan kualitas tes psikologi itu sendiri. Sehingga tercipta penggunaan sistem informasi dalam psikologi                                                                                                                                                                Sistem informasi itu adalah sistem sistem atau bebereapaa unit yang saling berhubungan untuk mengolah data menjadi data yang berguna bagi kehidupan manusia. Jadi penggunaan sistem informasi itu seperti alat tes papikostik. Hasil dari pengukuran data di ambil dan di olah di komputer sehingga bermanfaat bagi kita manusia .
Sistem : computer
Informasi : data Papikostik




Daftar Pustaka
Abdulkarim, A. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Grafindo Media Pratama. (Google.Book)
Boy, Sabarguna. (2008). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta:
            Konsorium RS Islam Jateng
Chr.Jimmy L.Gaol. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Grasindo. Jakarta
Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gordon, B.Davis, 2002, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, PPM, Jakarta.
 Husein, F.M. dan Wibowo, A. 2002. Sistem Informasi Manajemen, Edisi Revisi, Cetakan Pertama, Penerbit YKPN, Yogyakarta.
Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Nama : Santo Hissa Alexander
NPM  : 17511889

Kelas  : 4PA10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar